Senin, 29 September 2014

Tugas Pengantar Teknologi SIA 1

Struktur dan Fungsi Komputer


1.    Perangkat Keras Komputer

Komponen-Komponen fisik yang membentuk satu kesatuan system personal komputer.
Berikut adalah komponen-komponen perangkat keras computer :

·         CPU

Perangkat keras computer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

·         MotherBoard

Bagian perangkat keras computer yang berupa papan. Dimana perangkat keras yang paling utama dan sangat penting karena berisi system BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output (Chipset), soket memory (RAM), soket kartu grafis(VGA card), soket prosessor, dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).

·         VGA

Bagian komputer berada di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa adanya VGA, layar komputer tidak akan menampilkan apapun, bahkan komputer tidak akan bisa hidup dikarenakan akan terus mengeluarkan peringatan bahwa ada perangkat yang hilang ditandai dengan bunyi beep pada BIOS.

·         RAM

Perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. 

·         HDD (Hard Disk Drive)


Hardware yang berfungsi untuk menyimpan data yang berbentuk kotak persegi empat yang didalamnya terdapat piringan magnetis.

2.    Peralatan Masukan Komputer

Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
Berikut adalah komponen-komponen peralatan masukan :

·         Scanner

Alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer.

·         Microphone

Alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik.

·         Webcam

Sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke computer biasanya melalui colokan USB atau pun colokan PORTCOM.

·         Headset

Digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer ataupun barang elektronik seperti MP3, DVD dll.

·         Joystick

alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

3.    Peralatan Keluaran Komputer

Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Berikut adalah komponen perangkat keluaran komputer:

·         Printer

 sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

·         OHP (Overhead Projector)

Jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran.

·         Flashdisk

Untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna.

·         Disket

Sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

·         Proyektor /viewer

perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

4.    Perangkat Lunak Komputer

Program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu.
Berikut adalah komponen yang termasuk perangkat lunak Komputer :

·         Sistem Operasi

Perangkat lunaksistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

·         Perangkat Lunak Aplikasi

Software yang dirancang kusus untuk kebutuhan kebutuhan tertentu. Perangkat lunak terus mengalami perkembangan.

·         Bahasa Pemrograman

Program splikasi yang berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakanbahasa- bahsa dengan aturan tertentu. Bahasa yang dibuat akan diterjemahkan ke dalam bahsa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputeer.

·         Utility (Program Bantu)


Perngkat lunak yangg ditujukan untuk melengkapi kinerja  sisitem operasi dan menigkatkan kinerja komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar