Selasa, 13 Mei 2014

Paragraf Eksposisi


Contoh Paragraf Eksposisi
Umum – Khusus (Induktif)

·         Paragraf Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah/ nonfiksi.
·         Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat utama.

Contoh Paragraf:
Di satu pihak sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan koperasi sejak Pelita I, koperasi diberi peranan luas dalam pembangunan disegala sektor karena koperasi mampu berfungsi sesuai semangat jiwa, dan tujuannya. Sedang dilain pihak dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan rakyat di pedesaan, pemerintah menganjurkan kepada pemerintah daerah agar membentuk organisasi – organisasi koperasi di tingkat desa yaitu Koperasi Unit Desa atau KUD.

Keterangan :
Kalimat Umum : Di satu pihak sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan koperasi sejak Pelita I, koperasi diberi peranan luas dalam pembangunan disegala sektor karena koperasi mampu berfungsi sesuai semangat jiwa, dan tujuannya.
Kalmat Khususnya : Sedang dilain pihak dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan rakyat di pedesaan, pemerintah menganjurkan kepada pemerintah daerah agar membentuk organisasi – organisasi koperasi di tingkat desa yaitu Koperasi Unit Desa atau KUD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar