Kamis, 25 April 2013

Prinsip Dalam Adab Perdebatan

5 Prinsip Dalam Adab Perdebatan

       Perdebatan adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Dan ada kalanya perdebatan itu dibutuhkan guna mencari pendapat yang lebih benar. Perdebatan adalah sarana untuk menguji kebenaran yang kita yakini bahwa itu benar, sekaligus sarana perbaikan terhadap kebenaran yang kita yakini jika terbukti bahwa itu salah. Demikianlah manfaat dan fungsi perdebatan. Sebuah sarana untuk mengoreksi terhadap kesalahan yang sangat mugkin terjadi. Dan karenanya sayang, jika hasilnya mudhorot, sebab setelah berdebat malah saling membenci. Untuk mencegah hal itu ada lima syarat agar setiap perdebatan bisa berbuah kebaikan.

          Pertama, niatkan bahwa perdebatan itu adalah dalam rangka saling nasehat menasehati guna mencari dan membuktikan kebenaran dari Allah dan Rasul-Nya
       Ke-Dua, berdebatlah dengan santun dan penuh kerendahan hati, ehingga kita lebih siap menerima pendapat lawan jika pendapatnyalah yang lebih benar.
          Ke-Tiga, menyiapka ruang beda pendapat yang positif jika tidak ada kesamaan pendapat.
        Ke-Empat, jangan merasa diri menang jika pendapat kita sepakati, dan jangan pula merasa diri kalah jika pendapat lawan yang kita sepakati. Karena keduanya adalah jebakan Syetan.
         Ke-Lima, pastikan bahwa hubungan kita tetap baik dan bahkan lebih baik sebelum terjadi perdebatan.

Jadi silahkan saja dan mari berdebat jika cara dan tujuannya adalah demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar